Sunday, April 1, 2012

Plan (Denah)

Definisi:

Dokumentasi grafis elemen-elemen suatu bangunan dengan arah pandang vertikal dari atas dengan ketentuan tertentu.

Tipe - Tipe Denah :

1.     Floor Plan

Floor Plan adalah sebuah pemandangan dari atas yang memperlihatkan penataan ruang di gedung dengan cara yang sama seperti di sebuah peta. Floor Plan menunjukkan layout pada ruang, memperlihatkan hubungan antara ruang yang satu dengan yang lain. Floor Plan adalah referensi dasar untuk keseluruhan gambar denah yang akan berguna untuk mengestimasi dan merencanakan pembangunan yang sesungguhnya pada suatu gedung atau bangunan.


Contoh Floor Plan

2.     Garden Design

Garden Design adalah denah rencana tata letak dan penanaman kebun dan lanskap. Garden Design dapat dilakukan oleh pemilik kebun sendiri, atau oleh para profesional dari berbagai tingkat pengalaman dan keahlian. Denah taman biasanya lebih personal dan private bila dibandingkan dengan Landscape Plan. Karena, cakupan lingkungan garden plan lebih kecil daripada Landscape Plan. Garden designer lebih fokus pada outdoor space yang lebih private, dengan penekanan pada beragam penanaman tanaman yang menarikGarden design akan lebih baik apabila dilihat dalam jarak yang dekatWarna dan tekstur pada tanaman sangat diperhatikan pada garden design.


Contoh Garden Design

3.     Site Plan

Site Plan adalah jenis denah yang menggambarkan lokasi, orientasi dan hubungan suatu bangunan dengan lingkungan yang ada di sekitar bangunan tersebut. Umumnya, site plan menggambarkan batas – batas properti, akses – akses menuju properti dan struktur bangunan. Pada skala yang lebih besar, Floor Plan bisa saja dikombinasikan dengan Site Plan apabila ingin menunjukkan hubungan antara space indoor dan outdoor. Selain itu, Site Plan juga berguna untuk menunjukkan tapak bangunan, travelways, parkir, drainase, jalur sanitasi, jalur air, jalan, pencahayaan, dan lansekap.



Contoh Site Plan

4.     Landscape Plan

Landscape Plan adalah cabang dari Landscape Architecture dan cenderung digunakan untuk proyek – proyek dengan cakupan geografis yang luas dan bersifat publik. Landscape plan akan terlihat lebih baik apabila dilihat dari kejauhan, dengan tanaman berkumpul dalam kelompok yang lebih besar untuk menciptakan sebuah dampak visual. Tanaman yang sering diulang dalam desain bertujuan untuk membawa kontinuitas pada suatu ruang publik.



Contoh Landscape Plan

5.     Urban Plan

Urban Plan adalah denah perencanaan suatu perkotaan mulai dari kota-kota terkecil hingga kota-kota terbesar. Perkotaan, kota, dan perencanaan kota adalah integrasi dari disiplin perencanaan penggunaan tanah dan perencanaan transportasi, yang berguna untuk mengeksplorasi aspek lingkungan urban dan social yang dibangun dari wilayah kota dan komunitas Perencanaan daerah berkaitan dengan lingkungan yang lebih besar dan tidak spesifikHal lain yang berkaitan dengan Urban Plan adalah urban renewal dan re-generation pusat kota dengan menyesuaikan metode perencanaan perkotaan untuk kota yang menderita kerusakan infrastruktur jangka panjang.



Contoh Urban Plan

Prinsip – Prinsip Utama:

1.   Skalatis
Denah dibuat berdasarkan ukuran perbandingan dengan aslinya.

2.   2 Dimensi
Denah dilihat hanya sebagai garis – garis yang tidak menampakkan kedalaman dalam dimensi ketiganya.

Ketentuan :
1.   Garis
Memanfaatkan berbagai macam ketebalan garis.

2.   Bayangan
Untuk menunjukkan kesan kedalaman pada ruang.

3.   Potongan Horizontal
Denah digambarkan berdasarkan potongan horizontal yang dilihat secara vertikal (untuk floor plan biasanya 1 m dari tanah).


 Posted by : 


Endah Pratiwi dan Aldi Firdaus


1 comment: